Aneh 5 Peristiwa yang terjadi hanya di bulan ramadhan

Aneh 5 Peristiwa yang terjadi hanya di bulan Ramadhan, taraweh, ngabuburit, penjual kelilin, penjual uang, rondha sahur, hal-hal yang di lakukan ketika Ramadhan

Aneh 5 Peristiwa yang terjadi hanya di bulan ramadhan
Ilustrasi dari : flicker.com

Hallo yang asik, buat umat muslim tentu lebih Asik karena Bulan Suci Ramadha telah tiba, bulan yang begitu di tunggu dan di nantikan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia kedatangan nya.
karena di bulan yang suci tersebut Allah telah menjanjikan beberapa kemurahan tentang pahala yang kita dapat atas amal dan ibadah yang kita lakukan.
so.. dalam kesempatan ini mimin mencoba menguak misteri-misteri yang terjadi di bualan Ramadhan, Wait... misteri yang mimin maksud adalah misteri dalam tanda kutib :D.
misteri : bukan tentang hal hal yang sskral apalagi horor, bisa mimin jabarkan yang di maksud misteri dalam artikel ini adalah hal dan segala sesuatu tentang kegiatan sebuah komunitas, golongan atau masyarakat yang hanya terjadi atau ada di bulan Ramadhan.
lets reading, berikut ini adalah hal-hal yang terjadi dan ada hanya di bulan Ramadhan.

photo.liputan6.com

1. Sholat Taraweh
Hal yang pasti terjadi di selruh dunia untuk umat Muslim ketika telah tiba bulan Ramadhan, maka semenjak menjelang puasa hari pertama hingga 30 hari kedepan di setiap surau, masjid atau tempat-tempat tertentu di adakan Sholat Taraweh malam harinya.
Hukum Sholat Taraweh sendiri menurut pengetahuan yang pernah saya dapat adalah Sunat Muak'kad, yaitu sunat yang di utamakan, artinya sebuah tindakan, perbuatan atau amal yang bila di tinggalkan tidak berdosa namun sangat di anjurkan untuk melakukan atau menjalankan amalan tersebut.
walaupun ada puasa-puasa lain selain puasa pada bulan Ramadhan namun pada mayoritas daerah atau umat muslim tidak di ikuti dengan kegiatan semacam ini pada malam harinya.

Ilustrasi By : Anonim | edited By admin

2. Rondha (membangunkan Sahur berkeliling kampung)
Ini pengalaman saya ketika ada di sebuah desa di Kabupaten Blitar propinsi jawa timur, waktu menjelang Sahur mulai pukul 02.00 hingga menjelang Imsak maka para kaum muda khususnya berkeliling kampung sambil bernyanyi dengan iringan musik berupa beduk, kentongan, rebana, tamborin dan lain-lain. Hal ini di maksudkan agar para warga masyarakat yang hendak menjalankan ibadah Puasa tidak tertidur dan lupa untuk makan Sahur. Kegiatan Rondha(baca rondho) ini menurut penduduk sana sudah merupakan tradisi turun-temurun sejak zaman dahulu kata, dan seiring perkembangan zaman media yang di gunakan juga semakin beragam, dengan menggunakan peralatan electronik dan alat-alat musik yang modern seperti sound system dan alat-alat musik electronik organ, gitar. bahkan waktu itu saya melihat ada sekelompok pemuda yang membawa seperangkat alat musik lengkap layakna sebuah group dangdut yang sedang konser.

hal ini mendapat apresiasi yang cukup bagus dari para warga masyarakat, dan menjadi tontonan yang asik sembari makan sahur. perlu di ketahui tempat di mana saya tinggal waktu itu termasuk daerah yang penduduknya heterogen, dengan tidak hanya Islam agama yang ada di daerah tersebut, namun semua masyarakat terlihat sangat asik menikmati fonomena tersebut termasuk orang-orang yang bukan muslim, waww asik,, ini baru namanya Bhineka Tunggal Ika. dan kegiatan seperti ini tidak ada di daerah saya, di daerah saya di sebuah desa kabupaten ponorogo tidak ada rondho seperti di blitar, di tempat saya sendiri untuk membangunkan penduduk waktu makan Sahur hanya di lakukan oleh salah seorang melalui speaker masjid atau mushola mungkin di daerah-daerah lain juga ada kegiatan Rondha seperti ini namun dengan nama atau sebutan yang berbeda.
bagai mana dengan daerah anda Sohib?...

Ilustrasi Dari : banjarwangi.com

3. Ngabuburit
entah dari mana asal muasal tradisi ini dan bagaimana sejarahnya, namun untuk saat ini khusus pagi para kaum muda. tradisi seperti ini seperti terlihat sering di salah gunakan dengan melakukan Hal-hal yang justru mengurangi berkah dari puasa bahkan munkin juga bisa membatalkah Ibadah Puasa yang wajib itu sendiri. Ngabuburit sendiri adalah kegiatan berjalan-jalan ke tempat-tempat tertentu yang di lakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa bersama teman atau keluarga.

Ilustrasi Dari : blognyamitra.wordpress.com

4. Penjual Jangelan (cincau) keliling
ini ada di daerah saya setiap bulan puasa hampir di pastikan setiap hari ada penjual janggelan/cincau keliling masuk ke gang-gang kecil tempat saya tinggal. mereka adalah penjual-penjual musiman yang hanya ada di bulan Ramadhan, entah kemana perginya penjual-penjual janggelan tersebut ketika Ramadhan telah usai, tak ada lagi kabarnya seperti lenyap di telan bumi :)
walaupun Janggelan atau cincau ini bisa kita temukan setiap saat di pasar-pasar tradisional namun untuk penjual keliling janggelan ini khususnya di daerah saya hanya ada pada bulan Ramadhan saja.

ilustrasi dari : beritadaerah.co.id

5. Penjual Uang Pecahan 
kejadian ini terjadi ketika menjelan bulan Ramadhan berakhir biasanya mendekati hari raya Idhul Fitri banyak kita temui penjual-penjual uang pecahan dari 5000-an sampai 20.000-an. mereka memajang uang tersebut untuk di tukar dengan uang seratusan ribu atau uang dengan nominal yang lebih besar, dengan perhitungan yang beragam kalau di daerah saya biasanya satu lembar 100.000 bisa di tukar dengan uang pecahan 5000-an atau yang lain dengan jumlah 85.000 jadi bisa di bilang harga uang pecahan sebesar 85.000 adalah 100.000. hal ini muncul karena adanya budaya nyangoni (memberi uang pada anak-anak yang datang bersilaturahmi), kalau untuk orang cina waktu Implek mungkin semacam Ampao ya?...

Demikian pembaca yang super asiknya maksimal, 5 hal yang hanya terjadi di Bulan Ramadhan, bagaimana di daerah anda mungkin lebih beragam lagi,..
wah Asik donk kalau ada yang lebih banyak lagi, Ramadhan bisa lebih semangat menjalankan amalan-amalan baik tentunya.

BTW apapun itu dan bagaimanapun kondisi di daerah kita sebaiknya kita tetap focus menjalankan semua Ibadah di Bulan suci ini Lillahita'alla, baik Ibadah sunat apalagi yang wajib.
dan semoga Ramadhan kali ini membawa berkah untuk kita semua, semakin memperkuat keimanan kita dan menjadikan kita Pribadi yang makin baik untuk Agama, negara, diri kita sendiri dan orang banyak.
aamiin...

Sumber gambar
-. fliker.com
-. photo.liputan6.com
-. banjarwangi.com
-. blognyamitra.wordpress.com
-. beritadaerah.co.id
-.  anonim

COMMENTS

Nama

Aneh,1,artis,16,Buah,11,Cerita Horor,2,Chord,3,Coding,1,edukasi,31,humor,21,Informasi,163,Kecantikan,32,kesehatan,31,kisah hidup,36,Kisah Inspirasi,1,Legenda,4,Mata,5,Olahraga,1,pengalaman,6,puisi,13,rambut,6,Review Film,1,Teknologi,11,Ternak,1,Tips Perawatan,22,tubuh,26,Walkthrough Game,2,Webinar,10,Wisata,2,Wordpress,1,
ltr
item
Wah Asik: Aneh 5 Peristiwa yang terjadi hanya di bulan ramadhan
Aneh 5 Peristiwa yang terjadi hanya di bulan ramadhan
Aneh 5 Peristiwa yang terjadi hanya di bulan Ramadhan, taraweh, ngabuburit, penjual kelilin, penjual uang, rondha sahur, hal-hal yang di lakukan ketika Ramadhan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhun7q0ynA8A1NOj8w0BInv8_x1xAkhfLj3OnLrMvlxhBcJqwD_84W4Y_k_BBjkwlNDTKL5LU2cO0rKsRRKrqYVBwDnOV8UhP2zu-1GaPrTrbmxNML6gdMkuWuveNGLaxi90vDZMmwY82cO/s1600/anak-anak+mengaji.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhun7q0ynA8A1NOj8w0BInv8_x1xAkhfLj3OnLrMvlxhBcJqwD_84W4Y_k_BBjkwlNDTKL5LU2cO0rKsRRKrqYVBwDnOV8UhP2zu-1GaPrTrbmxNML6gdMkuWuveNGLaxi90vDZMmwY82cO/s72-c/anak-anak+mengaji.jpg
Wah Asik
http://wahasik.blogspot.com/2016/06/aneh-5-peristiwa-yang-terjadi-hanya-di.html
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/2016/06/aneh-5-peristiwa-yang-terjadi-hanya-di.html
true
5149748511155762622
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy